close

Profil PPID

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan perguruan tinggi unggulan dalam bidang sains dan teknologi di Indonesia. Pada tahun 2017, ITS menduduki peringkat terbaik ke 5 di Indonesia berdasarkan penilaian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan menjadi 10 universitas unggulan di Indonesia versi QS World University Ranking.  Perubahan status menjadi PTN-BH secara resmi juga didapatkan oleh ITS berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 81 Tahun 2014 yang tercantum dalam surat Dirjen Dikti No: 299/E.EI/OT/2014. Dengan perubahan status ini, ITS mempunyai hak otonomi untuk mengatur perencanaan dan pengelolaan secara mandiri, dalam bidang akademik maupun non akademik.
 
Salah satu langkah yang dilakukan dalam menjalankan status PTN-BH , ITS menyediakan keterbukaan informasi dan dokumentasi melalui pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ITS yang berlandaskan pada Undang - Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik . 
 
ITS melalui Surat Keputusan Rektor ITS No. 836/IT2/HK.00.01/2018 Tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, menetapkan Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi terdiri dari Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).  
 
Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi, mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :
  1. Membahas dan memberikan pertimbangan atas jenis informasi yang dikecualikan di lingkungan ITS;
  2. Membahas dan memberikan pertimbangan atas keberatan dan penyelesaian sengketa informasi; dan 
  3. Membahas dan memberikan pertimbangan atas berbagai persoalan yang terkait dengan pelaksanaan layanan informasi publik di lingkungan ITS.
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :
  1. Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi publik di lingkungan ITS; dan
  2. Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait di bidang pelayanan, pengelolaan informasi publik, dokumentasi dan arsip, pengaduan dan penyelesaian sengketa.
    Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :